Shalat Khusyu itu bukan teori saja

Setelah mengikuti pelatihan shalat khusyu di Shalat Center semakin jelas bahwa kata-kata yang berkaitan dengan khusyu’ bukan teori belaka.

Rangkaian Al Quran yang menyebutkan khusyu’ seharusnya dipahami dalam konteks Aqidah Islamiyah yang benar. Jika tidak memahami Aqidah terlebih dahulu sulit mengharapkan bahwa khusyu akan dialami.

قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ هُمْ فِي صَلاتِهِمْ خَاشِعُو
Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyuk dalam salatnya

Beruntung disini konteksnya tentu mendapatkan rahmat, berkah, pahala dan tentu sejumlah hikmah dari shalat itu sendiri.

Jika keyakinan itu semakin tebal kepada Allah SWT maka dengan sendirinya khusyu akan muncul, rasa ketenangan ketika shalat akan lahir. Semuanya karena keyakinan yang tebal bahwa Allah SWT senantiasa mendampingi, melihat, mendengarkan doa-doa kita,

Ucapan dalam shalat yang berisi doa-doa, harapan dan keinginan kehidupan dunia akhirat diyakini didengarkan-Nya. Itu karena Allah SWT Maha Mendengar. Jika keyakinan menghujam dalam hati maka sungguh semua ucapan dalam shalat itu akan didengarkan Allah SWT. Kesungguhan dengan rasa rendah hati dan santun maka akan semakin memperkuat rasa khusyu itu yang akhirnya melahirkan prosesi shalat yang penuh dengan kenikmatan.

Kenikmatan inilah dimana rasa Shalat Khusyu ini seperti dalam pengawasan Allah SWT.  Gerakan yang tenang dan berkesan serta konsentrasi hari yang terus menerus kedalam ucapan doa kita itu akan meningkatkan bobot dari shalat lima waktu.

Cobalah lakukan dengan bertahap. Pertama, mulailah dengan ketenangan saat memulai shalat. Kosongkan pikiran, konsentrasi kepada hati dan kalbu.

Kedua, mulailah melakukan gerakan shalat yang disertai dengan keyakinan Allah beserta kita. Allah mendengar, melihat dan memperhatikan apa yang menjadi doa-doa kita.


This entry was posted in Arsip, Artikel and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s